mie belitung

Makanan khas Belitung

Pastinya kurang lengkap jika mengunjungi kawasan Belitung yang kaya akan berbagai objek wisata pantai, dan tidak mencicipi makanan khas Belitung yang kaya akan rasa. Berikut ini ada 11 kuliner khas Belitung yang dapat Anda konsumsi sekaligus dapat dijadikan oleh-oleh.

 

1. Mie Belitung

mie rebus belitung
mie rebus belitung

ricolie87.wordpress.com

Mie Belitung adalah makanan khas Belitung pertama yang akan dibahas. Untuk Anda yang baru pertama kali menginjakkan kaki ke tanah Belitung, maka Anda harus mencoba mie yang satu ini. Bahan mie yang diguankan sebenarnya sama saja, yaitu mie kuning, namun kuah yang digunakan berbeda dengan kuah mie yang ada di kawasan lainnya. Kuah mie Belitung ini menggunakan kuah kaldu yang terbuat dari olahan udang, dan campuran bumbu lainnya, seperti bawang merah, bawang putih, merica, jahe, dan beberapa jenis bumbu lainnya.
Dalam 1 porsi mie Belitung, Anda akan memperoleh mie kuning, kentang rebus, udang, taburan emping dan timun. Makanan ini paling enak dikonsumi ketika sedang panas.

 

2. Sup Gangan

gangan
sup gangan belitung

traveltodayindonesia.com

Sup gangan ini adalah makanan khas Belitung lainnya. Makanan berkuah ini, berasal dari aneka olahan laut, bahan utama untuk membuat makanan yang satu ini adalah ikan tenggiri yang masih segar. Ikan tersebut, kemudian dimasak menggunakan berbagai macam rempah, seperti bawang putih bawang merah, kunyit, lengkuas, serta aneka bumbu lainnya. Teknik pengolahan yang pas, membuat kuliner ini tidak berbau amis. Untuk cita rasa, kuliner yang satu ini mempunyai rasa asam, pedas dan juga gurih. Ini adalah salah satu kuliner yang paling disukai oleh masyarakat babel.

 

3. Berego

berego
berego

febriaming.blogspot.com

Kuliner yang bernama Berego ini bentuknya mirip dengan lontong, namun yang membedakan adalah bahan bakunya. Jika lontong menggunakan beras yang diaron dan dibungkus menggunakan daun pisang. Maka Berego terbuat dari tepung beras, yang dicampur dengan tepung sagu.

Untuk penyajian dan cara mengkonsumsi Berego ini tidak jauh berebda dengan lontong. Dimana Berego ini dipotong kecil, atau dipotong bulat, kemudian disiram menggunakan lauk yang berkuah. Khusus untuk Berego, sayur berkuah yang biasanya digunakan adalah gangan, lakse atau juga mie Belitong. Penganan yang satu ini tidak sulit untuk dicari, karena banyak dijajakan di pinggir jalan.

 

4. Suto Belitung

soto lontong belitung
soto lontong belitung

blog.misteraladin.com

Jika dilihat sepintas lalu, kuliner yang satu ini mirip dengan ketupat sayur, namun rasa dari kedua kuliner ini tentu jauh berbeda. Suto Belitung ini terdiri atas irisan lontong, irisan daging yang empuk, bihun, dan juga kerupuk melinjo. Untuk kuah, mie yang satu ini dibuat sangat kental.
Kuah tersebut terbuat dari rebusan kari iga sapi yang dicampur dengan santan kelapa, dan juga irisan daging. Warna kuahnya yang kuning serta rasanya yang beragam, membuat kuliner yang satu ini sayang jika dilewatkan begitu saja. Untuk menikmati kudapan yang satu ini, tidak sulit, Anda dapat mencobanya di beberapa warung suto yang ada di kawasan Belitung.

 

5. Sambal Rusip

sambal rusip
sambal rusip

ksmtour.com

Setiap daerah yang ada di Indonesia mempunyai jenis sambal yang berbeda-beda, mulai dari sambal hijau khas Jawa barat, dabu-dabu khas papua, dl. Belitung pun demikian, adalah sambal rusip, yang biasanya dihidangkan sebagai penggugah selera makan masyarakat Bangka Belitung.

Sambal Rusip ini terdiri dari ikan yang sudah difermentasikan terlebih dahulu, bersama gula merah dan juga garam, selama kurang lebih 7 hari. Ketika ikan sudah mengeluarkan aroma asam, maka artinya fermentasi selesai. Ikan tersebut kemudian dicampur dengan cabai, jeruk kunci, dan juga bawang merah. Untuk cita rasa, aroma serta rasa yang dihasilkan sangat khas, kuliner ini paling pas jika dikonsumsi bersama sayur, mentimun atau juga selada.

 

6. Belacan Belitung

sambal terasi atau belacan
sambal terasi atau belacan

mobil-sewa.com

Belacan Belitung ini juga kerap dijadikan sebagao oleh-oleh khas Belitung. Belacan sendiri terbuat dari udang rebon yang masih baru, kemudian difermentasikan. Teknik ini mirip dengan terasi udang dari kota cirebon. Kuliner yang satu ini biasanya digunkan sebagai bumbu tambahan atau penyedap tambahan untuk beberap jenis makanan tertentu, yang biasanya berbahan sambal.
Aroma yang dihasilkan oleh Belacan ini memang cukup khas, yaitu fermentasi hasil laut. Olahan yang satu ini banyak diperoleh dari kawasan Sijuk atau desa Sijok. Anda yang ingin membeli oleh-oleh khas Belitung, tidak ada salahnya jika membeli kuliner yang satu ini.

 

7. Mie koba

mie koba
mie koba

almiragittah.wordpress.com

Mie lain yang juga ada di Bangka Belitung selain Mie Belitung adalah mie Koba. Mie yang satu ini tidak kalah enak dengan mie yang ada di kota Belitung. Mie yang satu ini banyak Anda temukan di kawasan Belitung Tengah. Yang unik dari mie yang satu ini adalah digunakannya ikan tenggiri pada sajian mie tersebut.

Bahan pelengkap lainnya selain ikan tenggiri, adalah seledri, telur, dan juga bawang goreng. Kuah yang digunakan untuk mie Koba ini juga berbeda dengan mie Belitung. Kuah yang digunakan pada mie Koba ini adalah kaldu dari ikan tenggiri.

8. Siput gong gong

siput gong gong
siput gong gong

zonabangkabelitung.blogspot.com

Bangka Belitung ini kaya akan kudapan laut, dan salah satu kuliner yang tidak boleh Anda lewatkan ketika mengunjungi kawasan yang satu ini adalah siput gong gong. Siput yang satu ini tentunya berbeda dengan jenis siput lainnya, karena jenis siput yang satu ini berasal dari laut. Kuliner yang satu ini akan mudah Anda temui di kawasan Tanjung Pinang. Ada banyak sekali tempat yang menjajakan kuliner yang satu ini.

Penduduk lokal Babel sangat menyukai kuliner yang satu ini, dimana siput ini diolah dengan cara direbus, kemudian dihidangkan bersama saus sambal. Cara mengkonsumsi siput ini cukup mudah, keluarkan siput tersebut, Anda dapat menggunakan tusuk gigi, kemudian oleskan pada kuah sambal yang ada. Rasanya tentu akan lebih nikmat. Selain direbus, siput Gong gong ini juga biasanya digoreng.

 

9. Pantiaw

lakse belitung
lakse belitung

ayusiti43.blogspot.com

Bentuk makanan ini memang mirip kwetiaw, selain itu namanya juga mirip. Yang membedakan kedua jenis kuliner tersebut, adalah teknik penyajiannya. Di kawasan Bangka Belitung ini ada 2 jenis pantiaw, yaitu yang terbuat dari tepung besas, dan yang terbuat dari tepung gandum. Warna dari mie ini sendiri adalah putih dan gepeng, namun dengan tekstur kenyal.
Cara mengkonsumsi kuliner yang satu ini adalah dengan meletakkan bumbu di atas tumpukan mie. Bumbu tersebut biasanya terbuat dari ikan yang digiling.

 

10. Sambal lingkung

sambal lingkung
sambal lingkung

facebook.com/INIResepku

Sambal Lingkung adalah jenis sambal lain yang ada di Bangka Belitung selain Sambal Rusip. Bentuk sambal lingkung tersebut berbeda dengan sambal pada umumnya, penampilannya lebih mirip dengan abon. Bahan utama untuk membuat sambal Lingkung ini adalah ikan dan juga udang yang masih segar. Jenis ikan yang biasanya digunakan adalah ikan tenggiri. Ikan tersebut, diolah kemudian dihaluskan menjadi serbuk halus, dan berwarna kecoklatan. Kuliner ini paling pas jika disantap bersama nasi dan hidangan lainnya.

 

11. Lempah darat

lempah darat
lempah darat

pinterest.dk/Rynyulian/

Salah satu jenis sayur yang khas dari kota Bangka Belitung yang tidak boleh Anda lewatkan adalah sayur Lempah darat. Lempah darat ini berbeda dengan lempah kuning, yang biasanya menggunakan bahan dasar laut. Khusus untuk sayur lempah darat ini menggunakan berbagai bahan dari perkebunan.

Adapun bahan yang digunkan untuk membuat sayur ini adalah pepaya muda, pucuk idat, akar keladi, dan sejumlah sayur muda lainnya. Sayur yang satu ini paling pas jika dikonsumsi bersama nasi hangt, dan juga sambal terasi.

Please follow and like us:

Written by